Tips Lindungi Kesehatan Mata Selama Bekerja

Melindungi kesehatan mata harus dilakukan dimana dan kapan pun, termasuk saat berada di kantor baru. Agar mata tetap terawat, ketahui dahulu penyebab masalah pada mata seperti bekerja dengan komputer, terkena polusi, atau berhadapan dengan bahan kimia berbahaya. Simak beberapa tips berikut ini agar mata bebas dari masalah kesehatan berikut ini.

1. Take a break
Bila pekerjaan menuntut untuk duduk di depan komputer sepanjang hari, mata dapat jadi tegang, capek, dan dapat menimbulkan sakit kepala. Segera istirahat setelah sekitar satu jam lamanya berada di depan computer. Lakukan beberapa hal seperti pergi ke kamar kecil, berjalan di sekitar kantor, atau sebatas membuat kopi di pantry kantor. Lihat: sewa kantor murah di jakarta selatan

2. Pola makan tepat
Pola makan yang kaya akan sayur dan buah-buahan segar, terlebih sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan kale. Kandungan nutrisi yang tinggi vitamin dan anti-oksidan membantu melindungi kesehatan mata. Riset juga sudah menunjukkan memakan ikan yang tinggi asam lemak omega-3, seperti salmon dan tuna, dapat membantu ketajaman penglihatan.

3. Sediakan tetes mata
Selain kelelahan, menatap komputer dalam jangka waktu lama dapat membuat mata kering, karena anda tidak sering berkedip untuk melindungi bola mata tetap lembap. Begitu halnya efek adanya pendingin udara didalam kantor. Cara mudah untuk menangani hal semacam ini yaitu dengan selalu menyediakan tetes mata di laci meja kerja.

4. Cek kesehatan mata
Untuk anda yang memakai kacamata, lakukan kontrol setiap 6 bulan sekali, terlebih bila bekerja dengan komputer sepanjang hari. Terlalu sering berhadapan dengan layar komputer membuat mata bekerja keras dan dapat memengaruhi ukuran lensa kacamata yang selama ini dipakai.

5. Gunakan kacamata pelindung
Berhadapan dengan lingkungan kerja yang berdebu, dikelilingi bahan kimia, atau penuh dengan pekerjaan fisik, pakai sepasang kacamata keselamatan. Langkah tersebut penting dilakukan untuk mencegah kerusakan besar pada mata oleh benda asing, seperti debu, bahan kimia, partikel kecil yang berbahaya untuk mata.

0 komentar: